Puisi Soe Hok Gie Merindukan Jakarta



Puisi ini ditulis oleh Gie saat berada di Salem, Amerika Serikat pada Kamis 31 Oktober 1968 pada jam 08.00 pagi. Puisi tanpa judul ini menceritakan kerinduannya pada Jakarta dan segala suasananya.


Soe Hok Gie
Salem, 31 Oktober 1968

Saya kira saya ada di Jakarta kembali,
Datang dan bicara dengan manusia-manusia yang saya cintai.
Tentang dunia yang semakin tua - atau tanah air yang kelabu
Atau tentang mimpi-mimpi kita (yang tak pernah akan datang).
Aku ingat kembali mata-mata mengantuk di rumah Uno
Jam duabelas malam, dan masih bicara
Tentang pertempuran-pertempuran yang tak bisa kita menangkan,
(Aku sendiri tak tahu - mengapa aku ikut serta)
Saya kira saya terbangun oleh kicau burung-burung gereja
Di pohon kelapa dan mangga dekat tempat tidurku
Atau terbangun karena nyamuk dalam kelambu.
Jakarta-
Aku yakin aku cinta padamu
Jalan-jalanmu yang ramai di siang hari
Dan tukang-tukang soto, pohon-pohon asam dan tanjung
Kemarin malam saya pun terbangun dari tidur
Mendengar gemercik hujan yang menderap seperti di rumahku
Aku kira aku di jakarta kembali.




Referensi: Catatan Seorang Demonstran

Komentar