Puisi Soe Hok Gie - Masyarakat Borjuis


 

Soe Hok Gie adalah seorang aktivis angkatan 66 yang memiliki pemikiran yang sangat progresif. Gie merupakan tokoh demonstran pada masa itu yang telah berhasil menggulingkan rezim orde lama sekaligus mengkritik rezim orde baru atas ketidakbenaran yang telah dilakukan rezim-rezim tersebut. Gie adalah sebuah potret anak muda Indonesia pada sebuah masa yang berani mengambil sikap. Selain seorang demonstran, Gie juga seorang sastrawan. Sangat banyak karya sastra yang telah ia ciptakan mulai dari puisi hingga essay. Karya-karya buatannya juga tak lepas dari kritik dan pengalaman yang terjadi pada situasi di masa itu.


Soe Hok Gie
"Masyarakat Borjuis"
Buat L.B.S.


Ada suatu yang patut ditangisi
Aku kira kau pun tahu
Masyarakatmu, masyarakat borjuis
Tiada kebenaran disana
Dan kalian selalu menghindarinya.

Aku selalu serukan (dalam hati tentu)
"Wahai, kaum proletar sedunia"
Berdoalah untuk masyarakat borjuis.

Ada golongan yang tercampak dari kebenaran
Dan berdiri atas nilai kepalsuan
Aku kira, tiada bahagia disana
Sebab tiada kasih, kebenaran dan keindahan
dalam kepalsuan
Aku akan selalau berdoa baginya
(Aku sendiri tak percaya pada doa, maaf)
Aku kira anda tiada kenal kasih
(Nafsu tentu ada)
Apakah bernilai dengan uang
Dan padamu, kawan
Semua adalah uang, perhitungan saldo
Tiada yang indah dalam kepalsuan
(Engkau tentu yakin?)
Di sinilah a moral ditutup oleh a moral
Di sinilah tabir-tabir yang terlihat
Dan sering kali aku bersepeda sore-sore
Bertemu dengan gadismu (borjuis pula)
Aku begitu sedih dan kasih
Aku begitu sedih dan kasih
Ya, Tuhan (aku tak percaya Tuhan)
berilah mereka kebenaran
Aku tabu
Gadis cantik di mobil, bergaun abu-abu
tapi bagiku tiada apa.




Referensi: Catatan Seorang Demonstran

Komentar